4 Cara Menolak Ajakan Bukber secara Halus

Jum'at, 22 April 2022 - 05:45 WIB
loading...
4 Cara Menolak Ajakan Bukber secara Halus
Buka bersama alias bukber seolah sudah menjadi tradisi saat bulan Ramadhan. Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara menolak ajakan bukber secara halus berikut ini bisa Anda gunakan agar rekan yang mengundang tidak tersinggung dan memahami kondisi Anda. Buka bersama alias bukber seolah sudah menjadi tradisi saat bulan Ramadhan.

Menghabiskan waktu bersama teman-teman memang menyenangkan, terutama jika sudah lama tidak saling bertemu. Namun, tidak semua orang suka dengan acara ini. Sebagian orang menilai acara ini seperti pemborosan, menjadi ajang pamer, serta ajang gibah alias membicarakan orang lain, yang bisa mengurangi pahala orang saat berpuasa.

Bagi Anda yang merasa bingung lantaran merasa tidak enak untuk menolaknya, berikut telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/4/2022), empat cara menolak ajakan bukber secara halus.



1. Beri Jeda Waktu

Cara menolak ajakan bukber secara halus pertama, memberikan jeda waktu. Ini adalah salah satu upaya menghargai ajakan rekan Anda yang mengadakan acara buka bersama.

Oleh karenanya, berikan jeda waktu seolah Anda sedang mempertimbangkan untuk datang. Dengan begitu, Anda juga tidak akan dianggap sombong oleh rekan Anda. Akan tetapi, jangan lupa untuk konfirmasi ulang terkait kehadiran Anda mendekati hari H.

2. Ucapkan Maaf dan Terima Kasih

Cara menolak ajakan bukber secara halus selanjutnya adalah dengan mengucapkan maaf dan terima kasih. Selain itu, tunjukkan juga rasa kekecewaan Anda karena tak bisa menghadiri acara tersebut agar rekan Anda menilai bahwa Anda sudah mengusahakan diri untuk hadir.

Misalnya, “Yah, maaf aku belum bisa hadir, sudah ada buka puasa bersama keluarga besar. Terima kasih sudah mengajakku. Semoga lain waktu bisa ada kumpul-kumpul lagi, ya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)